Tuesday, July 1, 2014

[Random] : Oh Berat Badanku


Assalamualaikum semua !
Gimana puasa kalian ? lancar kan ? by the way kalian mulai puasa dari tanggal berapa ?

Seperti judul diatas kali ini aku pengen cerita tentang masalah berat badanku, dan hal ini udah jadi masalahku sejak awal kuliah di tahun 2009. FYI sejak aku lahir sampai kelas 2 SMA, aku tergolong orang gak gampang gemuk walaupun mau makan sebanyak apapun, berat badanku segemuk-gemuknya selalu berkisaran di 48-50 kg dengan tinggi badanku yang sekitar 166 cm dan menurutku dengan berat badanku segitu aku enggak terlihat kurus karna pada dasarnya aku ini tergolong bongsor ditambah lagi pundakku yang lebar kayak cowok dan pinggulku yang besar (tulangan besar). Namun sejak tiroidku  bermasalah (membesar) menginjak kelas 3 SMA tiba-tiba berat badanku naik drastis menjadi 57 kg dalam waktu singkat walaupun pola makanku normal/tetap sama seperti di beratku 48-50 kg. Awalnya sempet gak ngeh kalo masalah tiroidku ada hubungannya dengan kenaikan berat badanku yang tiba-tiba sampai ketika aku membaca beberapa artikel kesehatan di internet yang mengatakan memang hipertiroid merupakan salah satu penyebab gemuk yang tak terduga.

Tiroidku yang membengkak ini bukan hanya mempengaruhi naiknya berat badanku tetapi juga mempengaruhi "self esteem"ku dengan bertambah besarnya ukuran tiroidku aku mulai gak pede menggunakan pakaian yang tidak berkerah dan pada akhirnya aku menjadi lebih nyaman menggunakan hijab untuk menutupi leherku. Dan ditambah lagi sakitnya, untuk menelan ludah dan untuk menengok kanan kiri itu sakit karna benjolan bersinggungan dengan tulang selangka (klavikula). Tapi Alhamdulillah mulai di semester 3 tiroidku mulai kempes dan berangsur sembuh dengan melalui berbagai alternatif dan obat-obatan herbal, dengan kempesnya benjolanku Alhamdulillah aku masih bisa mempertahanin hijabku sampai sekarang karna dengan memakai hijab aku lebih merasa aman dan nyaman, mungkin ini cara Allah ngasih hidayah-Nya untuk  aku agar memakai hijab secara permanen.


Walaupun sudah sembuh, tetapi si penyakit terdahulu itu udah membuat berat badanku di angka 65-67 kg. Dan Masya Allah untuk nuruninnya itu susah banget, segala diet gak pernah berhasil dan ditambah lagi aku paling anti minum-minum obat diet jadilah selama kuliah aku super gendut.

Sebenarnya jadi orang gemuk tuh gak masalah, terlebih lagi bukan gemuk karna akibat pola makan yang berlebihan dan pola hidup yang gak sehat, yang penting nyaman dan happy its ok lah gemuk. Tapi semenjak Indonesia kiblatnya ke korea-korean mindset orang Indonesia tentang ideal body type jadi berubah dari yang curvy ke model-model kayak SNSD itu yang badannya tinggal tulang sama kulit aja alias kurus banget, makanya jadi jangan bingung kalo orang-orang Indo jaman sekarang kalo liat orang gemuk dikit bawaan gerah pengen nge-bully gitu alias nyinyir LOL. Padahal ya kalo kita flash back ke jaman 80-90an badan yang bagus itu yang curvy sehat gitu, yang menurutku emang juga lebih bagus ketimbang body-body girlband korea sonoh.

Kalo kalian ngikutin blog aku mungkin kalian inget ya kalo aku pernah kecelakaan di tahun 2012, nah karna kecelakaan itu selama hampir 3 bulan aku susah untuk makan normal karna gigiku pada patah dan harus di treatment (lupa namanya) yang mengharuskan aku makan bener-bener harus hati-hati biar bisa nyelamatin gigi-gigiku yang patah. Dan hasilnya dalam waktu 4 bulan berat badanku turun jadi 54 kg dari 67 kg. Duh emang bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian yaaa .. antara seneng apa harus ketawa miris kalo gak kecelakan gak bakal turun 12 kg T.T ROFL

Namanya badan pernah melar pasti lah badan jadi kayak agar-agar alias gak kenceng, nah semenjak itu aku jadi lebih rajin yang namanya olahraga .. dalam sehari biasanya 2 kali pagi dan malam @ 1 jam. Dan aku lakuin selalu di rumah aja via nonton lewat youtube karna waktu itu masih sibuk-sibuknya kuliah (boro-boro fitness/senam di luar tidur aja nyuri-nyuri waktu) dan favorite youtube channel buat olahragaku adalah BeFit, disitu banyak banget exercises yang bisa kalian pilih dari yang fokus untuk perut, lengan, pantat dll dan gerakannya tuh menurutku tepat sasaran banget dengan video yang 10-15 menitan pun kita bakalan udah mandi keringat. Rekomen deh buat kalian yang gak punya banyak waktu keluar rumah untuk fitness atau senam tapi pengen punya badan yang lebih fit.

Dan karna sekarang ini aku udah selo, selama 2 bulan terakhir ini aku daftar member studio senam yang namanya Bellina Studio .. letaknya di dekat Mirota Kampus di belakang Rumah Makan Pondok Cabe, disini senamnya gak cuma aerobic dan body languange doang, tapi juga ada yoga, pilates, zumba, belly dance, taebo dll ... asyiknya juga disini juga ada fasilitas spanya jadi habis senam kita bisa spa gratis *wink-wink*. Oiya disini aku biasanya senam 5 kali dalam seminggu dan perkedatangan biasanya aku ambil 2 kelas.

Manfaat yang aku rasain semenjak rutin olahraga adalah badan jauh lebih fit alias gak gampang capek, wajah terlihat lebih seger, offside-offside alias perbuncitan menghilang dari peredaran xD, badan jadi rada berbentuk LOL. Oiya kalo kalian exercise atau senam kalian jangan terlalu fokus sama timbangan ya karna massa otot lebih berat ketimbang massa lemak, jadi jangan kaget kalo berat badanmu malah naik ataupun gak turun walaupun kalian rajin olaharaga. Tapi badan lebih terlihat lebih langsing itu pasti ! tapi tetep ya buat perempuan timbangan itu penting mana ada sih yang nanya ukuran baju, ukuran celana atau ukuran beha LOL ya kecuali nanya berat badan buahahaha.

Mau share beberapa bentukanku dari jaman gendut-gendutnya sampe aku yang sekarang, foto jaman SMA gak aku share ya soalnya belum pake jilbab dan aku males ngeblur-ngeblurnya ..


1. Foto jaman KKN lagi gemuk-gemuknya, beratku disini antara 65-67 kg lupa tepatnya
aku yang pake baju warna creme depan sendiri, walaupun gendut menurutku tetep cantik xD *nyeneng-nyenengin diri sendiri*



2. Foto 3 bulan setelah kecelakaan beratku sekitar 56-57 kg
Aku yang pake jilbab ijo lime.



3. Foto 4 bulan setelah kecelakaan, beratku 54 kg



3. Foto beberapa hari lalu, hore beratku 56 kg lagi =.="

Untuk sekarang-sekarang ini, targetku gak muluk-muluk cuma pengen nurunin 4 kilo lagi alias di 52 kg .. kalo terlalu kurus keluargaku kayak budhe atau tanteku pada ngomel-ngomel semua dibilang peyot lah dll hahaha .. lagian aku bukan ABG lagi kayaknya gak perlu deh kurus-kurus

Apa kalian juga punya masalah dengan berat badan kalian ? yuk share ! kali aja bisa saling berbagi tips ^^



8 comments:

  1. beda banget di foto yg pertama >.<

    btw km flawless bgt di foto2 terakhir, salah fokus, mupenggg >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tetep cantik kan *maksa

      Namanya juga pake foundie ya jelas flawless dooong hahaha :D tapi sekarang2 aku lagi sering breakout .. pake foundie pun masih kelihatan merah2nya

      Delete
  2. Vickyyyy kamu tuh nggak gendut >~<
    Kamu kalau lihat aku sekarang pasti bakal kaget karena aku tambah gendut, tapi juga tambah cantik hahaha
    *menghibur diri*

    Sehabis puasa aku juga pengen jadi member di Bellina, perbulannya masih 150rb kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bundoooo <3 <3 kangen bangeeeet ...

      Bun aku kan gede bun kalo gak dikurusin ntar dikira tukang pukul xD, masak sih gendut ? gak percayaaaa ...
      yuk bun senam di bellina bareng2, masih 150 kok hehe :D

      Delete
  3. Suka foto2 juga ya mbak . hemmm bagus2 hasil cepretan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak malah tergolong sangat jarang, makasih :D

      Delete
  4. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di www.oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete
  5. wah jadi pengen ke Bellina Studio :)

    ReplyDelete