Tuesday, April 9, 2013

WARDAH LIPSTICK COLLECTIONS PART 1


DISCLAMER
DILARANG KERAS MENGAMBIL GAMBAR TANPA IZIN UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL!



Sesuai janjiku di post sebelumnya kali ini aku mau bikin postingan tentang koleksi lipstick wardah, dan post tentang koleksi lipstick wardah ini bakal aku bikin jadi 2 part, WHY ? karena yang part 2 adalah koleksi lipstick wardah punya mamiku. Mamiku lagi ke Jakarta sekitar sebulanan jadi jarak antara part 1 dan part 2 kemungkinan bakal lama ya, hihihiii .. 

Postingan ini cuma sekedar review ringkas plus swatches aja .. jadi kalo kamu mau tau lebih detail kamu bisa komentar di bawah ^^ 



Ini nih koleksi lipstick wardahku, aku punya 3 seri lipstick dari wardah ... tube panjang/seri long lasting aku punya 2 shade, tube ijo/seri exclusive 3 shade, dan tube silver pendek.
/seri matte 3 shade. Yang bikin aku suka mengoleksi lipstick dari wardah itu adalah shadenya dia cakep-cakep kayak lipstick luar, affordable, dan yang pasti adalah halal !




1. Wardah Long Lasting 01 Fabulous Peach
2. Wardah Long Lasting 02 Pink Sorbet
3. Wardah Exclusive 47 Light Rose
4. Wardah Exclusive 37 Pink Lovers
5. Wardah Exclusive 49 Chestnut
6. Wardah Matte 05 Peach
7. Wardah Matte 15 Bronze Nude
8. Wardah Matte 20 Nuddish Peach


SWATCHES


1. Nude Peach slightly Orange
2. Nude Pinky Peach
3. Nude Rosy
4. Nude Rosy with little bit of Beige
5. Nude Pale Peach
6. Peachy reddish
7. Nude brown peach 
8. Super pale pinky peach


QUICK REVIEW


1. Wardah Long Lasting 01 Fabulous Peach


Harga : Rp. 34.000,-
Finish : Matte
Staying Power : Ok
Drying : Lumayan tapi enggak mengganggu
Ninggalin stain : No

Lipstick seri long lasting merupakan seri lipstick wardah yang aku suka alasannya dia matte finish, aku prefer matte finish karena bibirku lumayan lebay jadi kalo pake lipstick yang wet finish jatuhnya bikin mukaku bibir semua :D ... Walaupun matte finish dia gampang banget di applynya gak seret kayak seri matte seriesnya wardah. Warna lipstick ini adalah Nude Peach slightly Orange, cocok banget buat yang yellow undertone ..Ngeringin ? iya lumayan tapi masih bisa ditolerir. Lipstick wardah kan suka bikin bekas stain di bibir wardah reddish pink gitu yaa .. ada yang suka ada yang enggak dan aku termasuk yang enggak suka dan seri long lasting gak bikin bekas stain di bibir, horee !


2. Wardah Long Lasting 02 Pink Sorbet


Harga : Rp. 34.000,-
Finish : Matte
Staying Power : Ok
Drying : Lumayan tapi enggak mengganggu
Ninggalin stain : No

Ini HG lipstickku so far .. shade ini bener-bener bikin complexion aku keliatan lebih cerah.. hampir tiap jalan aku selalu pake lipstick ini, bisa dilihat foto-foto sebelumnya lipstick ini selalu aku pake. Walaupun namanya shadenya Pink Sorbet dia peachnya lebih kenceng dari pada pinknya. Oiya seri long lasting tuh menurutku sesuai namanya .. karena dia dipake buat makan dia cuma ilang dikit-dikit, tapi kalo gak kepake buat makan dia masih utuh seharian. Lumayan ngeringin tapi enggak mengganggu.


3. Wardah Exclusive 47 Light Rose


Harga : Rp. 28.000,-
Finish : Satin
Staying Power : So-so 
Drying : No
Ninggalin stain : Yes tapi gak parah

Dulu pas aku beli Wardah Exclusive 47 Light Rose itu gara-gara liat si Jupe yang suka pake lipstick nude pink :D .. terus pas di konter aku minta cariin shade yang nude pink nah sama SAnya aku dipilihin ini, dia ini ternyata pink yang basenya blue undertone jadi kurang compliment buat yang punya kulit yellow undertone kayak aku. Dan setiap pink yang punya base blue undertone di aku jatuhnya bakalan ke arah purplish gitu warnanya. Jadi secara shade aku kurang suka, tapi untuk pengaplikasiannya aku suka karna dia glidely smooth gak pake seret karna seri exclusive punya kandungan olive oil yang banyak. 


4. Wardah Exclusive 37 Pink Lovers


Harga : Rp. 28.000,-
Finish : Satin
Staying Power : So-so
Drying : No
Ninggalin stain : Yes tapi gak parah

Ini nih lipstick yang sering di-RAVE di forum-forum macam FD, aku yang bencong lipstick jadi penasaran dong .. hahahaa, tapi ternyata oh ternyata dia warnanya beda tipis sama si Light Rose cuma dia sedikit lebih beige jadi bikin lebih wearable di yellow skintone. 


5. Wardah Exclusive 49 Chestnut


Harga : Rp. 28.000,-
Finish : Satin
Staying Power : So-so
Drying : No
Ninggalin stain : No

Alasan beli ini gara-gara liat di konter warnanya cuakeeeep banget, tapi setelah beli dan coba pake ternyata dia tipe lipstick yang susah banget nge-cover dan tiap aku reapply buat ngebuild warnanya lipstick yang udah ada di bibirku sebelumnya malah ngikut jalan-jalan/geser .. bisa ngebayangin gak ?. Nah tipe lipstick kayak gini harus siasatin pake powder dulu sebelum pake lipstick biar dia gak geser-geser. Tapi ini warnanya emang cakep banget <3 tapi buat kamu yang berkulit gelap aku gak recommend yaaa soalnya ini bakal wash out di kamu. 

6. Wardah Matte 05 Peach


Harga : Rp. 24.000,-
Finish : Satin
Staying Power : So-so
Drying : No
Ninggalin stain : Yes

Ini lipstick matte pertamaku ! awalnya emang lagi cari warna ke arah orange tapi ternyata ini peach reddish hahahaa ..Dia walaupun seri matte ini sama sekali gak matte loo~ kayaknya harusnya ini seri exclusive habis dia moist banget teksturnya. 


7. Wardah Matte 15 Bronze Nude


Harga : Rp. 24.000,-
Finish : Matte
Staying Power : So-so
Drying : Yes
Ninggalin stain : Yes

Shade Bronze Nude ini emang cuakep banget warnanyaa, buat yang yellow ataupun yang pink skintone tetep bakalan oke pake ini, cuma sayang teksturnya seret jadi applynya kudu sabaran .. dan karena keseretannya itu bikin susah aku apply yang bener-bener perfect ngikutin bentuk bibirku keseringan bikin keluar-keluar dari garis bibir.


8. Wardah Matte 20 Nuddish Peach


Harga : Rp. 24.000,-
Finish : Matte
Staying Power : So-so
Drying : Yes
Ninggalin stain : Yes parah

Hahahaaa serem ya boook warnanyaa .. shade ini cocoknya buat yang NC 25/NW 25 ke bawah, untuk aku yang NC 30 si Nuddish Peach jatuhnya super pucet .. bener-bener gak wearable deh untukku :D tapi mungkin kalo aku hariannya dandannya dandanan ganguro mungkin kepake yaaa #koprol xD



Semoga postinganku kali ini bisa membantu kalian yang pengen beli lipstick wardah~


Postingan selanjutnya aku mau review tentang refill blusher merk Ranee, aku ada 3 shade loo .. looking forward for it ya ^^ !




73 comments:

  1. aku punya yg Pink Lovers, tp di aq warna lipstick nya ga se-pink itu deh. ada nude nya dikit ..
    nice review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku sayangnya jatuhnya kurang nude yaa hihihi .. entah kenapa :D

      Delete
  2. setelah di swatch beda tipis ya Vick.. jadi inget kemaren adekku jejerin koleksi lipstickku dan almost all warnanya hampir sammaa.. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku juga blang warna lipstikku warnanya beti-beti warnanya pas buka pouchku :D cuma kalo udah diapply di bibir beda-beda jauh warnanya ...

      Delete
  3. nice review sis.. i'm drooling for the bronze nude! so pretty ><
    i'm following you now
    mind to visit and follow me too ? :D
    gita-life.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ^^ .. aku dah follow blogmu lama kok :D

      Delete
  4. aww aku jatuh cinta sama yg peach :-*

    ReplyDelete
  5. great review <3
    warnanya mirip2 ya tp aku paling suka yg peach *3*)
    keliatan nude banget
    btw i invite you to join my beauty giveaway
    http://www.miharujulie.com/2013/04/miharu-mini-giveaway-dolly-wink-lashes.html
    hope you can join XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa selera lipsticknya yang kayak gitu sih xD .. Oke nanti aku ikutaan ^^

      Delete
  6. Pink Lover itu kereeennn, Jendral!!
    BTW sukak banget postingan ini. Banyak bibir Vicky-nya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kereen maak :D, buahahaaa iya nih banyak foto bibir gedeku #ciumcium ..

      Delete
  7. iya vik, yg exclusive suka geser2, terutama klo bibir lagi alus2nya... hahaha..
    belom pernah nyoba yg matte, tapi aku putusin gak pake deh... nyoba yg longlasting aja...
    baca postingan ini, jadi nambah2in wishlist aja nih... cakepnyoo longlasting 01, sama exclusive chestnut tnyata cakep juga yahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Miz kalo kondisi bibirnya bagus malah susah banget nempel .. yang long lasting bagus loo miz beli deh yang 01 sama 02 pasti suka terutama yang 02 recommended banget ! chestnut bagus juga .. yaudah deeh miz beli semua ajaa hahhahaaa :D

      Delete
    2. Duh vicky racun amat sih... aku paling ganahan deh liat lisptick2 macem peach, orange, brown... apalagi di pampang gini, banyak pula.....ahaha... yang 01 longlasting udah yakin deh itu cocok di aku haha... soalnya ku emang cocok warna itu... tapi klo yang 02 itu mirip exclusive 33 gak sih...?? takutnya terlalu nude di aku... tapi ntar kucoba2 deh dikonternyo.... lagian belom pernah juga punya lipstik yang semacam longlasting gitu... fufufufu... ^.^

      Delete
    3. Ampuni sayaaa XD .. beda miz kalo exc 33 kan peachy brown warnanya engga nude, si 02 enggak nude banget kok kamu kan juga lebih putih daripada akuu ^^ ..

      Delete
    4. Egh, salah cyiin... mirip yang pink lover no.37 ya gak?? hahaha... Iya, hari ini mau cusss ke karfur deket rumah, mudah2n ada deh.... hihihi ^^

      Delete
    5. Enggak kok miz .. beda banget dari segi shade :D Ditunggu haulnya dari karfur miz ^^

      Delete
    6. Eh iya vick... mo laporan, haha... Kan kemaren jadi tuh ke karpur, emang mo beli daging2an udah pada abis di frizer, sekalian deh mau meminang sih wardah LL no1 hehe... Pas ke booth nya ada kan tuh wardah 01nya, bungkus. Trus, sekalian liat tester yg no.2 nya.. eh ternyata warnanya bagus (iya beda jauh sama pink lover). Mau bungkus, ternyata warna itu habis... hiks, yasutralah... liat shade yg lain, gak napsuin... Kesimpulannya, wishlistku nambah lagi.

      Trus pas nyoba di rumah... Nyoba di tangan dulu kan... trus mau ku apus pake air, eh susah vik... mantab kali ini lipstik murah #norak.
      Trus, pake ke bibir... Secara tektur enak, tapi kulit bibir harus bener2 sehat. Trus, coba minum pake gelas... gak ninggalin jejak lho. Ajib.

      Seharian gak tacap lipstik. Cuma harus rajin2 pake lipbalm biar tetep gak kering (gak ngerasa kering sih, tapi ngeri aja)

      Delete
    7. Hahaha .. iyaa kan cakep ? xD emang long lasting sesuai namanya dia kalo gak kita pake buat makan gitu masih utuh2 aja.. harus beli miz yang 02 miz itu cantik banget warnanya bikin muka kita mendadak cantik LOL
      :D sayang ya seri long lasting tuh warnanya dikit banget .. liat testernya juga cuma 2 nomer itu doang yg wearable yang lainnya emak-emak banget mere-mere gitu :(

      Delete
  8. yang nuddish peach bagus padahal pas di swatch di tangan. tapi jadi serem pas di bibir :D sist kamu pake bbcream kah? kulitnya keliatan glowy banget difoto. bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalo si nuddish peach itu kalo di swatch emang nude pinky peach cakep banget tapi kalo dipake dueeer pucet banget kayak kedinginan haha :D .. emang dasarnya kulitnya glowy siiih mau pake apa ajaa glowy wakakakak *minta ditampol .. itu cuma pake foundie caring tapi dia matte kok finishnya enggak glowy kayaknya gara2 kena blitz ajaaa

      Delete
    2. aku kira pake bbcream :D soalnya glowy banget gitu tapi tetep bagus(ga berkesan minyakan maksudnya). itu wardah yang matte kalo dibandingin sama mirabella colorfix awetan mana di bibir sist?

      Delete
    3. Awetan yang colorfix tapi kalo dibandingin long lasting masih awetan long lasting :D ..

      Delete
  9. koleksi lipstick Wardahku baru 2, dua-duanya matte. Yang satu Gorgeous Pink, yg satunya si Bronze Nude itu.. IMO, bikin bibir kering yak si Wardah matte ini jadi harus pake lipbalm dulu. Tapi aku suka banget warnanyaaa.. Apalagi si Gorgeous pink itu jatuhnya coral. Sekarang ngincer yang peach:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bikin kering :( .. tapi lipstick wardah tuh cakep2 banget warnanyaa jadi pengen beli mulu, aku malah lagi incer yang no 19 essencial nude

      Delete
  10. malah nggak tertarik yang matte, pengen yang longlasting soalnya lebih matte yg longlasting >w< akkkkk, racuuuuuunnnn yg longlasting (secara matte lipstik lover)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. asyik ada yang keracunan xD aku juga matte lover secara bibirku lebay, tetep pengen beli matte lagi no 19 penasaraaan

      Delete
  11. Makasih ya buat review lisptick wardah-nya! Sangat membantu saya yang lagi kebingungan mau beli gradasi warna lipstick-nya :)

    ReplyDelete
  12. ihh aku punya waradah yang paling kanan gendut silver itu :D ,aku suka banget nudenya punya si wardah ^_^

    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. ahhhhh aku suka yang 5, 6 & 8 Vic!!!
    Kayanya bakal kalap borong nih, asik yaaa murah soalnya. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo monic lama gak ketemu hahaha :D ... yuk yuk diborong xD

      Delete
  14. dibeberapa foto hasilnnya glossy tp dibilang satin. pake lipstiknya nggak oke. nggak rapi. ngeri liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo ! xD akhirnya ada anonim juga .. LOL Itu gak glossy loo .. kalo glossy kan macem lip gloss, kalo menurutmu satin finish kayak apa ? mungkin persepsiku yang salah .. Hahahahaa kmu lucu ya liat lipstick gak rapi aja takut, ajarin doong pake lipstick yang bener biar rapi :D

      Delete
  15. These lipsticks are lovely! It seems like Indonesian cosmetics are sooo pretty and affordable. I wish they were available where I live ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes our local cosmetics are super affordable yet great quality ^^

      Delete
  16. salam kenal yaa,,,

    nice review,,
    aku punya wardah yang exclusive no. 48 kalo ngga salah rosemary gitu warnanya agak nude mba, hampir sama kaya yang chesnut lohh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo salam kenal juga, aku pernah liat swatchnya juga kayaknya memang bagus warnanya .. :D

      Delete
  17. 6 is so pretty!

    Mind taking a second to check out my blog? I love feedback!
    http://rosewaterreflections.blogspot.ca

    ReplyDelete
  18. Matte lipstick nya sangat menggoda untuk dibeli. Apalagi dengan harga yang super Olala untuk matte lipstick.. Aaaa.. Langsung cuss ke Toko Mutiara deh besok..

    Cek back and follow back my blog please...:)

    Dini.
    http://handiniaudita.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa :D kalo udah beli direview yaaa ^^

      Delete
  19. yang terakhir itu unyu sih, tapi ga bakal cocok sama kulit ku. aku terobsesi deh pakai lipstick warna-warna nude gitu tapi ga pernah cocok hiks.

    kamu aku nominasikan ya di Versatile Award :)
    http://ikeyurissa.blogspot.com/2013/04/the-versatile-blogger-award.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi .. sama aku juga dulu terobsesi juga sama warna nude-nude gitu gara2 doyan liat dandanan gyaru xD tapi ternyata bkan warnaku deh LOL .. OK thank you :D tapi aku klo udah main gimana yaa ?

      Delete
  20. aku sukanya no 8 xD warnanya aneh gt xD

    do you want to follow each other on gfc and bloglovin?
    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Hi Mba, salam kenal ya, saya baru main blogging, baru banget! Tp sy dah baca blog mba sejak lama, suka banget ^^ follow balik blog sy ya mba ^^

    http://visitkarlina.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. nice post..aku pecinta lipstick wardah juga tp lbh suka beli palettenya

    ReplyDelete
  23. saya kurang suka lipstick wardah meskipun warnanya cakep hanya suka rada gatel di bibir saya. mungkin ada zat tertentu yang bikin saya alergi

    ReplyDelete
  24. @Karlina : Makasih udah baca blogkuu ^^, jangan panggil mbak dong .. panggil vicky aja :D

    @sylvie : thank you~ aku penggemar yg long lasting aja sih akhir-akhir ini :D

    @turiscnatik : Wah sayang yaaa padahal ini lipstik cakep-cakep warnanya plus murahh hihihi ^^

    ReplyDelete
  25. aku jadi keracunan :)

    aku masih kurang sreg beli lipstik banyak banyak, takut gak kepakai :)

    nice post.

    glamrockettee.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. Wah yang long lasting malah cenderung matte ya? :O Aku cari lipstik matte merk lokal nih ga ada yang cocok. Udah beli Wardah yang matte hasilnya malah creamy :/ Belum nyobain yang long lasting karena di counter sini suka nggak lengkap warnanya :(

    Thanks for the review! :D

    ReplyDelete
  27. @sararocks : Iyaa kalo mattenya wardah kurang matte juga menurutku .. lbih matte yang long lasting hihi, sama2 makasih dah mampir juga

    ReplyDelete
  28. yang pink sorbet cenderung nude ya... pucet ga ya buat yellow undertone? takut jatohnya jadi kusem gitu di muka :( thanks udah direview :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dia nude ^^ .. kalo yellow undertone terang kayak nc30, nc25, nc 20 dll itu masuk kok malah cakep banget, tapi kalo yellow ke arah sawo matang apa lebih gelap kayaknya bakal terlalu pucet

      Delete
    2. ada hint brown-nya ya? rada takut coba lippen nude gara-gara pernah nyoba viva #10 jatohnya peach oren gonjreng gitu di muka, engga banget, ga nude sama sekali jatohnya T____T

      Delete
    3. Viva no 10 itu dasarnya teksturnya gak banget deh .. mana warnanya susah di build =____=, kamu mendingan punya lipstick warna coklat ajaa buat campuran semisal terlalu nude, kamu bisa pake mirabella colorfix yang nomer 42 :D ini biasa aku pake campuran buat lipstick2 nude

      Delete
    4. udah coba pink sorbetnya. jatohnya cakep seger di aku hihihi. dipake makan dijilatin ngga ilang-ilang. Tapi di aku berasa kerontang banget bibir berasa dower pake ini :( tapi karena warnanya bagus terus stay powernya oke tetep dipake deh :D waa ditunggu review mirabella colorfix 42nya

      Delete
  29. Assalamualaikum sistaa.. mau nanya nih.. soalnya lg bingung bgt mau nyari lipstick yg pas dimukaku. Pengennya wrna lipsticknya keliatan natural. Aku punya wardah exclusive 40 & mirabella colorfix 71 tp koq kedua2nya keliatan pink bgt di bibirku.. wardah/mirabella nomer brapa ya sist ya ccok buat wajahku yg putih agak pink2 gituu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallaikumsalam .. Wah kurang tau juga sis pantesnya pake apa >.< cocokan juga sih .. enakan ke konter langsung aja biar bisa coba mana yang pantes .. kalo mau aman sih pilih warna nude beige yang netral kayak wardah yang matte no 15 apa kalo mau warna pink bisa pake wardah yang 37 kalo enggak yang 02 .. kalo mirabella mayoritas warnanya tua-tua gak merhatiin juga mana yang bagus

      Delete
  30. Hai sayyyy maacih ya udah mampir ke blog aku hihi ini koleksi lipstick wardah kamu banyak amat o_o hebat loh hihi suka yg warnanya peach, itu lucu banget warnanya >,<
    oya kau follow blog kamu say, follow me back ya cantik hihi maacih <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa .. emang lipstick banyak banget sis, ada kali 50an xD .. suka ileran kalo liat lipstick cakep dikit ==" udah follback yaaa ^^

      Delete
  31. Blognya mantap sist,, uia kira2 bagusan mana wardh exc ama revlon matte y sist?
    Tw g sist lipstk revlon atw wrdh matte lipstk yg wrnanya miripan ama wardh exc yg peach brown?
    Thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda finishnya sis kalo exc wardah dia wet atau satin finish kalo revlon matte ya matte finish ..kalo bagusan mana tinggal selera aja. Setauku ya dapet info dari BA wardah juga antara longlasting-matte-exc itu warnanya beda2 smua juga jadi warna di exc gak ada yang kembar di matte atau di longlasting .. mungkin bisa matte 15 bronze nude tapi ini cenderung nude dan gak seorens exc peach brown .. Semoga terbantu :))

      Delete
    2. Kalo di revlon superlustrous ada deh kayaknya yang mirip sama peach brown tapi aku lupa nama shadenyaa .. cek konternya aja

      Delete
  32. Vik...nanya dongg...
    Aku bingung yg nomer 6 itu, ditangan mu kek reddish orange bgt yaa... tp bgtu si swatch dibibir ko bagussss... aku meragu nih mi beli yg manaaa, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dipake reddish orange juga jeng .. udah beli semua aja :D hahahaha gak membantu

      Delete
  33. Lipstik apaan sih yang bagus ? No nya jug brp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera sis, finishingnya mau yang wet, satin apa matte ? range harganya berapa ? belum lagi warna kan juga banyak .. jadi kalo cuma tanya lipstick apaan yang bagus itu terlalu umum .. aku mau jawab apa bingung.

      Delete
  34. Menurut saya terllu berat d bibir

    ReplyDelete
  35. Aku pake wardah matte yang no 1 yang warnanya agak agak orange gitu, sebulan pertama sih oke banget, warnanya lembut & tahan lama. Tapi setelah itu muncul kayak bintik bintik gatal di bibirku, kayaknya alergi. Ada gak yang pernah mengalami kayak gini? & solusinya apa ya? Bibirku jadi rada kram gegara gatel & kalo diliat dr dekat teksturnya gak karuan.

    ReplyDelete
  36. Aku pake wardah matte yang no 1 yang warnanya agak agak orange gitu, sebulan pertama sih oke banget, warnanya lembut & tahan lama. Tapi setelah itu muncul kayak bintik bintik gatal di bibirku, kayaknya alergi. Ada gak yang pernah mengalami kayak gini? & solusinya apa ya? Bibirku jadi rada kram gegara gatel & kalo diliat dr dekat teksturnya gak karuan.

    ReplyDelete